Manchester City dikalahkan Manchester United di Sosial Media

Manchester United memang boleh saja kalah bersaing dari rival sekotanya, Machester City pada laga Liga Premier Inggris, akan tetapi Setan Merah masih jauh lebih unggul ketimbang rivalnya itu pada platform media sosial. Sebelumnya MU bertengger di puncak daftar klub paling kaya versi Deloitte’s Money League pada bulan Januari. Tidak hanya itu mereka juga memuncaki peringkat paling atas pada Social Network Rangkings pada Liga Premier Inggris tahun 2017.

Manchester City di Ranking Kedua

Dilansir dari CNN Indonesia, laporan itu diproduksi oleh Newton Insight yang mana mengatakan tentang popularitas 20 klub yang ada di Liga Premier Inggris pada media sosial.

Nampaknya memang media sosial sekarang sangat penting dalam menunjang popularitas dari suatu kaum tak terkecuali klub sepak bola. Hal ini lah yang membuat Manchester United unggul di platform media sosial dengan banyaknya penggemar.

Dari laporan itu, hasilnya adalah Manchester United berada di posisi paling atas dan mengalahkan Manchester City yang berada di posisi kedua. Sementara posisi ketiga, keempat, dan kelima ditempati oleh Chelsea, Arsenal, kemudian Liverpool.

Secara mengejutkan Huddersfield Town  berada di posisi keenam. Kemudian unggul 1 tingkat dari itu ada Tottenham Hotspur lalu disusul di posisi paling bontot ada Stoke City.

Rincian Peringkat

Saat berbicara tentang peringkat dan rinciannya, United pasalnya memiliki 73,7 juta orang pengikut di Facebook pada tahun 2017. Mereka juga memiliki 16,5 juta penggemar yang ada di Twitter serta 20 juta juta pengikut yang ada di Instagram.

Sementara itu, Manchester City hanya memiliki 29 juta pengikut di platform Facebook, 5,5 juta pengikut di akun Twitternya serta 5,9 juta di Instagram.

Tidak hanya itu, Manchester United pasalnya juga memiliki pengikut yag terbanyak di antara 20 klub Liga Premier Inggris yang ada di media sosial Cina yakni Weibo, dengan jumlah pengikut sebanyak 9,2 juta pengikut.

Dikutip dari CNN Indonesia juga bahwa penggemar Setan Merah berjumlah 30% dari total pengikut Liga Inggris. MU pun menyumbang 40% dari semua keterlibatan penggemar Liga Premier Inggris pada tahun 2017.

“Cara terbaik untuk bisa menyebut pendekatan Manchester United guna membangun basis penggemar-penggemarnya seca global adalah ‘tanpa henti’,” laporan tertulis itu menyebutkan.

Tidak hanya prestasi, nyatanya peningkatan pengikut yang ada di media sosial itu juga turut serta dipengaruhi konten kreatif yang mana bisa merangsang keterlibatan penggemar-penggemarnya. Nampaknya hal ini juga bisa berlaku bagi publik figur yang lainnya karena saat mereka idtogel bisa meningkatkan jumlah pengikutnya, mereka bisa mendapatkan dukungan dan popularitasnya. Dengan adanya para penggemar yang mendukungnya, mereka bisa lebih menggelora di media sosial sehingga bisa menunjang prestasinya.

The Social Network Rangkings juga dihitung menggunakan macam-macam indikator seperti misalnya petumbuhan, keterlibatan penggemar, jumlah hari yang dibutuhkan oleh klub untuk menambah 10.000 orang pengikut yang baru, dan juga total unggahan klub pada media sosial tertentu.

Manchester United yang memang kalah pamor dan prestasi dibandingkan dengan riva satu kotanya tampaknya lebih percaya diri karena ini. Jika Machester City bisa menaikkan jumlah pengikutnya di sosial media, maka dampaknya sangat baik bagi mereka karena prestasinya bisa ditunjang dengan pengikut mereka di media sosial. Beberapa pengamat bola juga setuju bahwa media sosial sekarang telah berperan banyak dalam mengembangkan sebuah klub dan menaikkan pamornya.